Mungkin banyak orang yang mengira bahwa burung adalah salah satu jenis binatang yang dapat saja diberikan makanan apapun. Mulai dari yang lunak sampai yang berbiji, sah-sah saja diberikan karena pada dasarnya burung adalah hewan liar yang memakan banyak hal.

Namun ternyata menurut para ahli kesehatan binatang, justru tidak boleh memberikan makanan sembarangan kepada burung baik yang ada di alam bebas ataupun yang dipelihara. Hal itu dikarenakan tidak semua makanan yang dapat dikonsumsi manusia juga tepat untuk diberikan ke burung.

Dan berikut ini adalah beberapa makanan yang tidak dianjurkan diberikan ke burung karena dapat meracuni pencernaannya dan membuatnya sakit kemudian mati.

  • Roti

Roti

Menurut Don Torino selaku presiden dari Bergen County Audubon Society di New Jersey, roti adalah jenis makanan manusia yang sangat tidak dianjurkan untuk diberikan kepada burung. Hal itu disebabkan dengan memberikan burung potongan roti, maka dapat membuat hewan tersebut menjadi lemas. Pasalnya, di dalam roti tidak memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh burung untuk beraktivitas atau bergerak.

Selain itu, dengan sering diberikan roti, maka burung akan mengalami malnutrisi serta obesitas. Oleh karenanya, di banyak negara, ada larangan untuk memberikan roti kepada burung.

  • Cracker atau chip

Cracker atau chip

Mungkin bagi burung-burung dengan habitat di pesisir, seperti pelikan, camar laut sampai dengan dara laut sudah terbiasa untuk makan ikan secara langsung dari lautan dan tentu saja meminum air yang asin tersebut tanpa mengalami masalah pada pencernaan atau tubuhnya, namun bagi burung-burung yang memiliki habitat di daratan luas, makanan yang mengandung rasa asin seperti cracker atau chip sangatlah berbahaya.

Dikatakan berbahaya karena kandungan zat yang dapat menciptakan rasa asin tersebut dapat membuat burung cepat kehausan. Bahkan tidak sedikit laporan bahwa ketika memberikan makanan berupa cracker atau chip tersebut, burung tersedak karena tidak dapat mencernanya dengan baik.

  • Beras atau nasi

Beras atau nasi

Seperti halnya roti, beras atau nasi memiliki kandungan karbohidrat tinggi yang dapat membuat burung menjadi malnutrisi serta obesitas. Beras atau nasi sangat tidak disarankan untuk diberikan kepada burung karena memang kandungan nustrisinya sangat kecil dibandingkan dengan biji-bijian lainnya.

  • Cokelat

Cokelat

Menurut para peneliti di Humane Society of the United States, memberikan cokelat ke burung sama saja dengan membunuh hewan tersebut secara perlahan. Pasalnya, di dalam sebuah cokelat terdapat kandungan theobromine yang dapat meracuni burung. Bahkan cokelat juga tidak dianjurkan untuk diberikan ke anjing atau kucing dan hewan-hewan lainnya.

  • Biji apel

Biji apel

Mungkin bagi yang tidak mengetahui, asalkan masuk kategori biji-bijian, maka biji buah apel dapat diberikan ke burung. Padahal justru biji apel adalah salah satu yang paling berbahaya dan tidak direkomendasikan dengan tegas untuk diberikan ke burung, seperti halnya cokelat. Pasalnya, di dalam biji apel terdapat kandungan sianida yang cukup tinggi. Mungkin buah apelnya masih dirasa aman untuk diberikan ke burung, namun jangan sampai memberikannya secara utuh termasuk dengan biji-bijinya.

Selain biji dari buah apel itu sendiri, disarankan untuk mengupas kulit dari buah tersebut terlebih dahulu sebelum memberikannya ke burung. Alasannya karena kandungan pestisida yang menempel di kulit buah apel tidak dapat ditolerir tubuh dan dapat mengganggu sistem pencernaan hewan tersebut walaupun sudah dicuci dengan air bersih.

Jadi lebih disarankan untuk memberikan makanan ke burung adalah pakan yang jelas benar-benar diperuntukkan bagi hewan tersebut. Dan lagi, harganya pun tidak mudah serta dapat ditemui di mana saja.

Please follow and like us: