Mungkin terkesan cukup simple atau sederhana ketika memutuskan untuk memelihara hewan peliharaan karena tinggal membeli dan merawatnya di rumah, selesai perkara.  Akan tetapi sebenarnya ada beberapa hal yang wajib diperhatikan sebelum benar-benar membeli binatang yang diinginkan.

Kenapa disebutkan ada beberapa pertimbangan yang wajib diperhatikan ketika akan membeli hewan untuk dijadikan peliharaan, hal itu dikarenakan semua jenis hewan memiliki cara penanganan yang berbeda-beda. Dan jika tidak cocok dengan mode penanganan dan perawatan yang diberikan, tidak menutup kemungkinan hewan tersebut akan sakit dan lama-kelamaan mati.

Dan ketika sudah memutuskan untuk memelihara binatang, maka kamu dan anggota keluarga atau orang lain di sekitar yang masih satu atap denganmu harus benar-benar berkomitmen dalam menyediakan segala kebutuhan hewan tersebut termasuk melakukan perawatan dan pemeliharaan yang sesuai.

Berikut ini adalah beberapa hal yang wajib dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli dan memelihara hewan.

Keluarga atau orang sekitar

Seperti yang disebutkan di paragraf atas, ketika ingin memelihara hewan maka harus terlebih dahulu mendapatkan persetujuan dari keluarga atau orang-orang sekitar yang tinggal bersama satu atap terlebih dahulu. Hal itu wajid dilakukan agar tidak memicu hal negatif yang berawal dari pemeliharaan hewan tersebut.

Waktu

Tentunya dengan memiliki peliharaan, maka secara otomatis ada tanggung jawab yang harus diemban dalam setiap harinya. Hal itu dikarenakan hewan peliharaan adalah makhluk yang juga bernyawa dan membutuhkan makanan, minuman, tempat tinggal layak sampai dengan kondisi ruangan yang tepat.

Maka dari itu, kamu wajib mempertimbangkan masalah penyisihan waktu untuk perawatan dan pemeliharaan hewan tersebut, seperti memberi makan, membersihkan tubuh dan kandang sampai dengan membuatnya tetap dalam kondisi tenang dan senang karena jika stres, maka akan berimbas pada kesehatan binatang yang bersangkutan.

Tempat

Ketika berniat memelihara seekor binatang maka ketahui terlebih dahulu dari mana hewan tersebut berasal. Jangan sampai memelihara seekor pinguin di tempat yang cenderung panas karena habitat hewan tersebut adalah di daerah dingin atau setidaknya berair. Oleh karenanya, sangat perlu diketahui dari mana hewan tersebut berasal dan habitat aslinya seperti apa.

Selain itu, pertimbangkan pula masak-masak ketika harus memelihara hewan yang sangat aktif di mana rumah atau tempat tinggalmu tersebut merupakan rumahan dengan ruangan bersekat yang kecil. Akan menjadi satu hal yang merepotkan bagi pemilik atau juga bagi sang hewan yang bersangkutan ketika harus berbagi ruang untuk beraktivitas sehari-hari.

Sebelum Memelihara Hewan

Biaya perawatan

Tentu saja setelah beberapa hal di atas dipikirkan, satu lagi yang patut menjadi perhatian adalah masalah biaya perawatan. Memang ada kalanya seekor hewan tidak memerlukan perawatan yang terlalu detail dan dilakukan hampir setiap hari, namun ada pula yang seperti itu. Oleh karenanya pertimbangkan budget yang dimiliki untuk dialokasikan sebagai biaya perawatan hewan, mulai dari untuk membeli makanan, obat, biaya untuk ke dokter sampai dengan uang untuk membeli kandang dan peranti lainnya. Perlu diingat, untuk memelihara seekor hewan, biaya yang diperlukan tidaklah sedikit.

Karakteristik hewan

Setiap hewan baik yang memang dapat dipelihara ataupun yang liar pastinya memiliki karakteristik sendiri-sendiri. Oleh karenanya, mempertimbangkan karakteristik calon hewan peliharaan juga tepat untuk dipikirkan. Karakteristik yang dimaksud adalah ada hewan yang memang dapat menurut dan menjadi teman manusia seperti kucing atau anjing dan ada pula hewan yang akan sibuk dengan kehidupan mereka sendiri, seperti ikan, burung, reptil dan masih banyak lainnya.

Setelah poin-poin di atas dipikirkan dan dijadikan sebagai bahan pertimbangan, maka langkah selanjutnya adalah memutuskan untuk tetap membeli dan memelihara hewan atau mengurungkannya.

Please follow and like us: