Memang bagus untuk tidak memberikan hewan peliharaan berupa burung banyak makanan yang dapat membuatnya gemuk dan menjadi tidak lincah. Oleh karenanya, tidak sedikit yang mengurangi porsi makanan dan kemudian menambahkan pil atau serbuk diet di dalam asupan burung yang dipeliharanya itu.

Hanya saja, menurut ahli gizi khusus hewan justru tidak menyarankan pemberian pil atau serbuk diet tersebut karena justru burung akan kekurangan vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan untuk beraktivitas sehari-hari dan juga dapat memicu terjadinya masalah kesehatan pada hewan yang bersangkutan.

6 Jenis Makanan Sehat yang Direkomendasikan untuk Burung

Sebenarnya, untuk dapat menjaga burung tetap dalam kondisi bagus, sehat dan proporsional, tidak perlu, kok, untuk menggunakan bahan-bahan atau obat-obatan khusus. Kamu hanya memerlukan beberapa jenis makanan alami yang sehat agar burung tetap dalam kondisi prima tanpa obat-obatan.

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan sehat yang dapat diberikan ke burung tanpa harus membuatnya gemuk atau terserang penyakit.

Buah6 Jenis Makanan Sehat yang Direkomendasikan untuk Burung

Buah-buahan seperti mangga, buah delima, nanas, blewah ataupun apple adalah jenis buah-buahan yang cocok diberikan ke burung. Hal itu dikarenakan buah-buahan tersebut sangat kaya akan vitamin yang diperlukan burung. Akan lebih baik juga pemberian buah-buahan tersebut secara segar atau bukan merupakan buah yang sudah mengendap beberapa jam atau hari dan menjadi busuk karena risiko pertumbuhan bakteri pada buah-buahan lama tersebut akan berimbas buruk pada binatang yang bersangkutan. Terlebih lagi, jangan terlalu banyak memberikan burung buah anggur karena kandungan gula di dalamnya sangat besar.

Kacang-kacangan6 Jenis Makanan Sehat yang Direkomendasikan untuk BurungMungkin kacang-kacangan adalah salah satu jenis makanan burung yang sering dipakai sampai sekarang ini. Memang benar bahwa kacang-kacangan adalah jenis makanan yang sangat disarankan karena memiliki sumber protein nabati yang tinggi. Tidak hanya itu saja, kacang-kacangan juga memiliki kandungan serat yang sangat baik untukmu atau juga hewan peliharaanmu tersebut. Disarankan juga untuk merebus kacang-kacangan itu tanpa bumbu apapun dan biarkan mendingin kemudian dapat kamu berikan.

Kecambah6 Jenis Makanan Sehat yang Direkomendasikan untuk BurungTidak hanya membuat kamu sehat ketika memakannya, kecambah ternyata juga sangat disarankan untuk dapat diberikan kepada burung. Mengolah kecambah bukan suatu hal yang sulit, bukan? Oleh karenanya, sediakan sedikit waktu untuk mengolah kencambah, seperti memisahkan dari yang sudah busuk dengan yang masih bagus dan lain-lain, kemudian baru dapat kamu berikan ke burung peliharaanmu itu. Disarankan pula untuk membersihkan dengan cara membilas sampai bersih kecambah-kecambah tersebut karena jika bukan ditanam secara organik, maka dipastikan ada kandungan pestisida yang menempel.

Sayuran

6 Jenis Makanan Sehat yang Direkomendasikan untuk Burung6 Jenis Makanan Sehat yang Direkomendasikan untuk Burung6 Jenis Makanan Sehat yang Direkomendasikan untuk Burung

Di alam bebas, banyak burung terbiasa makan tanaman atau sayur-sayuran. Oleh karenanya, disarankan pula untuk memberikan manakan berupa sayur-sayuran ke burung peliharanmu itu. Seperti halnya kecambah, cuci terlebih dahulu sayur-sayuran itu sebelum kamu berikan. Jenis sayur-sayuran yang disarankan adalah brokoli, bunga kol, wortel, kale, akar tanaman sampai dengan kacang polong.

Pasta

6 Jenis Makanan Sehat yang Direkomendasikan untuk Burung

Apapun itu keadaannya, baik sudah dimasak ataupun belum, pada kenyataannya, burung sangat menyukai pasta. Makanan jenis ini kaya akan karbohidrat yang mana dapat dioleh dalam tubuh untuk menjadi energi. Untuk itu, rebus beberapa pasta dan campurlah dengan sayur-sayuran kemudian berikan ke burung ketika sudah mendingin.

Roti

6 Jenis Makanan Sehat yang Direkomendasikan untuk Burung

Roti gandum juga merupakan makanan alternatif yang disarankan untuk diberikan ke burung. Hal itu dikarenakan roti gandum memiliki sumber serat. Memang ada kalanya untuk pertama kali, burung tidak terlalu menyukainya. Oleh karena itu, berikan sedikit demi sedikit setiap hari dengan mencampurkannya dengan makanan jenis lainnya.

 

 

Please follow and like us: