Memang ada orang-orang yang suka memelihara burung ganas dan agresif seperti elang sampai dengan condor, namun mayoritas para pecinta burung lebih menyukai yang jinak, bersuara bagus dan memiliki bentuk atau juga warna bulu menawan untuk dijadikan peliharaannya di rumah.

  • Murai Batu

Murai Batu

Burung dengan nama murai batu ini memang dapat dikatakan sebagai burung yang cukup agresif dan ‘galak,’ akan tetapi justru dari situlah banyak orang yang menyukainya dan kemudian menjadikannya peliharaan. Selain karena bentuk tubuhnya yang bagus serta warnanya yang menawan, murai batu juga memiliki kicauan yang tidak kalah dengan burung-burung kicau lainnya. Bahkan ketika sudah masuk dalam perlombaan dan menang, harga dari murai batu bisa mencapai puluhan juta Rupiah.

  • Jalak

Jalak

Burung jalak ini termasuk salah satu jenis burung yang memiliki beragam varian, ada jalak kuning, jalak bulan, jalak hitam sampai dengan jalak bali. Walaupun tidak selincah dan segesit murai batu, akan tetapi dalam hal suaranya, burung jalak rata-rata memiliki kicauan yang sangat merdu. Bahkan ketika ada beberapa burung jalak yang berdekatan dan berkicau bersama, maka kegaduhan yang ditimbulkan cukup merdu untuk didengarkan.

  • Cucak Ijo

Cucak Ijo

Dari segi bentuknya dan warna bulunya, memang terkesan standar saja, akan tetapi jangan meremehkan burung bernama cucak ijo ini ketika sudah bersuara atau berkicau. Kicauannya yang melengking tersebut membuat banyak orang yang menyukainya. Untuk masalah harganya, cucak ijo juga tergolong burung yang dihargai mahal, terlebih jika mempunyai kicauan bagus dan pernah menang kejuaraan.

  • Lovebird

Lovebird

Nah, burung satu ini dalam beberapa tahun terakhir menjadi salah satu yang paling banyak diminati dan diternakkan. Dikarenakan kepopularitasannya terus naik, maka banyak turnamen yang mempertandingkan lovebird. Hadiahnya pun tidak tanggung-tanggung. Selain itu, harga lovebird juga masih tergolong tinggi sampai saat ini. Hanya saja di beberapa daerah di Indonesia, harganya sedikit turun dibandingkan dengan beberapa bulan lalu.

  • Kenari

Kenari

Selain lovebird, burung kenari juga merupakan salah satu burung yang banyak diternakkan. Burung satu ini memiliki ukuran yang mungil dan suara yang tidak memiliki variasi seperti halnya jalak atau murai. Namun karena lincah dan warnanya unik, maka membuat banyak orang yang tertarik memeliharanya. Dan lagi, karena popularitasnya itu, tidak sedikit yang akhirnya tertarik untuk menternakkannya. Sayangnya sekarang harga dari kenari sedang jatuh atau tidak terlalu tinggi dibandingkan dengan 2 atau 3 tahun kemarin.

  • Beo

Beo

Beo merupakan burung peliharaan yang cukup klasik alias banyak dipelihara oleh orang dari tahun ke tahun. Walaupun tidak memiliki ragam kicauan menarik, namun dikarenakan kemampuannya untuk menirukan suara, hal itulah yang membuat beo menjadi salah satu burung peliharaan populer sepanjang masa.

  • Kakaktua

Kakaktua

Seperti halnya beo, kakaktua juga tergolong burung peliharaan klasik. Bahkan burung satu ini kerap dijadikan salah satu cameo dalam film-film terkenal. Dari segi kicauan, tidak ada yang patut dibanggakan dari kakaktua, namun burung satu ini juga mampu menirukan suara manusia dan mengulang-ulangnya berkali-kali. Sekarang ini, beberapa jenis dari kakaktua sudah mendekati kepunahan oleh karenanya, Pemerintah Indonesia memberlakukan status ‘dilindungi’ kepada hampir semua jenis dari burung satu ini.

  • Pleci

Pleci

Mungkin bagi orang awam, burung yang dinamakan pleci ini adalah jenis burung yang masih jarang terdengar. Akan tetapi bagi para pecinta burung, pleci adalah salah satu jenis burung peliharaan yang sangat populer. Hal itu dikarenakan kemampuannya untuk menirukan suara burung lainnya dengan cepat seperti halnya burung robin.

Please follow and like us: