Secara umum, hewan dan manusia memiliki beberapa kesamaan dalam hal makanan, yaitu makanan sehat dan masih dalam kadar toleransi untuk dapat dikonsumsi atau tidak dalam kondisi sudah basi.

Hanya saja, sekarang ini menurut penelitian dari U.S. Departement of Agriculture mengatakan bahwa tidak sedikit perusahaan baik yang berskala besar ataupun kecil yang justru membuat makanan hewan peliharaan, seperti kucing atau anjing dari bahan-bahan yang sudah kadaluarsa atau tidak layak makan lagi, seperti daging-dagingan yang sudah membusuk, campuran dari cacahan sayuran dan lain sebagainya yang mana kemudian diolah secara bersama untuk dipadatkan dan dijadikan makanan hewan.

Anjing Juga Bisa Jadi Omnivora! Berikut Fakta-faktanya

Dengan membeli makanan-makanan olahan pabrik tersebut kemudian memberikannya ke hewan peliharaan, maka dikawatirkan binatang tersebut akan terserang penyakit yang juga tidak menutup kemungkinan penyakitnya akan menular ke orang-orang di sekitarnya.

Mungkin bagi yang memelihara kucing akan lebih mudah memberikan makanan karena pada dasarnya hewan satu ini dapat makan apa saja yang diberikan kepadanya. Hanya saja, ada perlakuan khusus untuk anjing yang masuk kategori peliharaan karnivora. Maka otomatis hanya daging-dagingnya yang dapat diberikan kepada hewan itu sebagai makanannya sehari-hari.

Namun ternyata, ada beberapa fakta mengejutkan di balik anjing dan makanannya tersebut. Apa saja fakta-fakta tersebut, berikut daftarnya.

Anjing Juga Bisa Jadi Omnivora! Berikut Fakta-faktanya

#Fakta1: Anjing dapat menjadi omnivora juga

Anjing Juga Bisa Jadi Omnivora! Berikut Fakta-faktanya

Walaupun masuk kategori karnivora, namun bukan berarti anjing tidak dapat makan apapun selain daging-dagingan? Menurut penelitian para ilmuwan dari University of California, anjing adalah seekor hewan yang cerdas dan dapat beradaptasi dengan segala hal, termasuk makanan. Bahkan ada kecenderungan bahwa anjing-anjing akan memiliki alur evolusi dari karnivora menuju omnivora yang artinya dapat memakan segalanya, termasuk sayur-sayuran.

Seorang pakar veterinarian, Dr Jennifer Coates, sebenarnya anjing memiliki metabolisme dan pencernaan yang cukup unik, yaitu mampu mengubah asam amino dan kemudian mengikat protein ke bentuk lain. Dalam hal ini dimaksudkan bahwa memang untuk mendapatkan pasokan energi, anjing memerlukan daging agar mendapatkan pasokan asam amino dan protein, namun ketika tanaman yang dikonsumsinya sudah cukup memenuhi pasokan tersebut, maka anjing tidak perlu makan daging lagi.

#Fakta 2: Makanan vegan untuk anjing sudah dijual bebas

Sebelumnya kita mungkin berpikiran bahwa sampai sekarang tidak ada makanan dari tanaman yang merupakan hasil olahan pabrik dan dijual bebas di pasaran, namun pada kenyataannya justru sudah ada banyak makanan anjing yang dibuat dari tanaman.

Oleh karenanya, jika ingin memberikan makanan kepada anjing peliharaan berupa makanan yang terbuat dari makanan, disarankan untuk tidak membuatnya sendiri. Pasalnya, kita tidak mengetahui berapa nutrisi yang diperlukan, termasuk jumlah protein, asam amino dan vitamin yang terkandung di dalam tanaman yang bersangkutan.

Anjing Juga Bisa Jadi Omnivora! Berikut Fakta-faktanya

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi nama produk makanan anjing yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan;

– Vegepet

– V Dog

– Ami

– Pet Guard

– Wysong

– Petcurean

– Harvey’s

– Natural Balance

– Halo Vegan Adult Dog Food

#Fakta 3: Anjing tidak memerlukan daging hewan lain untuk dapatkan protein

Ya, benar, seekor anjing memang sangat memerlukan protein, akan tetapi tidak harus mendapatkannya dari hewan atau daging hewan lainnya. Hal itu dapat diperoleh anjing dengan cara mengonsumsi tanaman yang memiliki kandungan protein berlebih.

Anjing Juga Bisa Jadi Omnivora! Berikut Fakta-faktanya

#Fakta 4: Makanan anjing dari tanaman sangat sehat

Menurut banyak penelitian, makanan anjing yang berbasis tanaman organik lebih sehat dibandingkan dengan makanan olahan pabrik yang terbuat dari daging. Hal itu dikarenakan dalam pembuatannya, makanan semacam itu tidak memiliki kandungan bahan kimia dalam jumlah besar yang mana dapat membuat anjing menjadi sakit.

Anjing Juga Bisa Jadi Omnivora! Berikut Fakta-faktanya

Please follow and like us: