Jika dibandingkan dengan beberapa tahun lalu, sekarang ini sudah tidak terhitung lagi berapa dan apa saja merk makanan untuk anjing bermunculan dan diproduksi oleh berbagai pabrikan di seluruh dunia, tentu saja dengan harga yang cukup beragam.

Di satu sisi membuat banyak pemilik anjing akan merasa lega karena tidak dapat terpaku pada satu merk saja dan dapat memilih yang lebih murah, sedangkan di sisi lain justru membuat banyak orang tidak lagi mengetahui mana produk yang terbaik dari semuanya.Untuk itu, beberapa informasi menarik di bawah ini mungkin sangat membantumu untuk dapat memahami, mengerti dan mengetahui apa saja yang terkait dengan makanan untuk anjing, terutama yang masih kecil.

Apa sebenarnya makanan untuk anjing kecil itu?

Makan untuk seekor anjing kecil pada dasarnya diciptakan berdasarkan kebutuhan nutrisi dari hewan yang bersangkutan untuk dapat bergerak lincah dan juga sebagai penunjang tumbuh kembangnya untuk dapat menjadi anjing yang tangguh. Nutrisi yang terkandung di dalam makanan untuk anjing kecil adalah 2 kali nutrisi harian anjing dewasa.

Seekor anjing kecil memiliki proses tumbuh kembang yang sangat cepat. Tulang, tulang, otot, engsel, organ dalam sampai dengan sistem imunnya sangat cepat berkembang. Namun untuk dapat melalui proses tumbuh kembang itu, seekor anjing kecil harus mendapatkan asupan protein yang cukup.

Namun, jangan hanya terfokus pada pemberian makanan yang bernutrisi saja, karena baik anjing dewasa ataupun yang masih kecil juga membutuhkan pasokan vitamin dan mineral agar dapat terus sehat setiap harinya.

Akan tetapi, sedikit berbeda dengan anjing dewasa dengan yang masih berusia mingguan, anjing kecil membutuhkan asupan makanan yang tinggi lemak untuk energinya, sedangkan anjing dewasa sudah tidak begitu memerlukannya lagi.

Seberapa lama kita harus memberikan anjing kecil makanan khusus untuk mereka?

Seekor anjing akan dikatakan dewasa jika sudah mencapai ukuran tertentu. Idealnya, seekor anjing kecil harus terus diberikan makanan khususnya sampai setidaknya mencapai 80 persen besar tubuh dari anjing dewasa atau berusia sekitar 1 tahunan.

Memang ada kalanya sebelum 1 tahun, seekor anjing sudah menunjukkan kedewasaannya, baik dari sisi fisik ataupun dari karakternya, namun hal tersebut sangat jarang terjadi. Jika kamu masih ragu berapa lama waktu yang diperlukan untuk memberikan makanan khusus ke anjing kecil, maka kamu dapat pergi meminta saran ke seorang veterinarian.

Apa dan Bagaimana Seharusnya Memberikan Makanan untuk Anjing Kecil?

Apa jenis makanan untuk anjing kecil yang terbaik?

Makanan untuk anjing kecil dibagi menjadi tiga macam, yaitu basah, semi-basah dan kering. Ketiga jenis makanan tersebut memiliki manfaat berbeda-beda di luar masalah nutrisinya. Makanan kering bermanfaat karena lebih mudah diberikan, efektif dan lebih bersih. Makanan basah sangat cocok diberikan karena lebih mudah diserap oleh tubuh nutrisi dan segala vitaminnya.

Namun dari keduanya, makanan semi-basah adalah yang terbaik karena selain praktis juga nutrisinya mudah diserap tubuh. Bahkan banyak makanan untuk anjing kecil yang tidak perlu disimpan di lemari es agar tetap bertahan lama. Hanya saja, makanan jenis ini cukup mahal dibandingkan dengan makanan bertipe kering ataupun basah.

Akan tetapi, walaupun dikatakan lebih bagus dari kedua jenis lainnya, disarankan pula untuk tidak memberikan makanan semi-basah terlalu sering karena dapat membuat anjing menjadi obesitas. Kandungan berupa zat kimia sebagai pengawet, garam dan gulanya juga sangat tinggi untuk jenis makanan satu ini.

 

Please follow and like us: