Ayam Sebagai Peluang Bisnis Baru Ayam atau hewan dengan nama latin Gallus Gallus Domesticus merupakan hewan yang sering kita temui dalam kehidupan sehari hari dan merupakan hewan yang tergolong dalam ras unggas. Ayam juga dikenai sebagai burung yang tidak bisa terbang. Ayam sendiri memiliki jenis yang beragam mulai dari ayam yang biasa kita temui di pasar pasar ,rumah makan sampai dengan ayam yang hanya digunakan sebagai ayam hias. Yang pertama akan saya bahas adalah ayam konsumsi sebenarnya ada banyak jenis ayam yang biasanya digunakan untuk konsumsi yang paling sering digunakan untuk konsumsi adalah ayam broiler atau bisa disebut ras pedaging merupakan jenis ayam hasil perkawinan dan eksperimen kawin silang beragam jenis ayam yang memiliki produktvitas tinggi. Jika kondisi lingkungan tempat ayam boiler baik ayam boiler dapat langsung ideal dikonsumsi pada sekitar 4 – 5 minggu , ada  juga Ayam layer atau ayam petelur yang merupakan ayam konsumsi yang digunakan setelah tidak produktif lagi telurnya. Selain itu ayam konsumsi yang cukup mahal harganya adalah ayam kampung , ayam ini memiliki ciri tubuh yang tidak terlalu besar namun dikembangkan dengan cara yang sederhana dan jarang menggunakan campuran bahan kimia dalam pemberian makannya. Ayam ini merupakan ayam yang berasal dari campuran berbagai rasa ayam.

Selain ayam konsumsi ada juga ayam yang fungsinya digunakan sebagai ayam hias dan biasanya dilombakan baik suaranya maupun kualitas bulu dan warnanya ayam tersebut diantaranya Ayam Pelung yang merupakan ayam dengan ciri tubuh ayam yang tinggi dan berisi , yang juga memiliki ciri khas pada suaranya yang unik yaitu melengking. Kemudian ada lagi jenis ayam kate yang itu ayam unik dengan tubuhnya yang kecil namun memiliki bulu yang indah. Keunikan lainnya adalah cara berjalan ayam kate yang unik seperti berlegak lenggok layaknya model. Masih banyak lagi jenis dan tipe ayam yang ada di Indonesia yang memiliki keunikan tersendiri berikut akan saya berikan beberapa tips jika anda ingin membuka bisnis ternak ayam.

  1. Persiapankan tempat.

Tempat menjadi hal yang penting saat anda ingin ternak ayam. Karena ini menentukan dimana ayam tersebut akan berkembang biak dan mendapat makanan. Hal yang harus anda lakukan saat pertama kali ingin menentukan tempat adalah sesuaikan tempat yang akan anda buat untuk berternak dengan jumlah ayam dan rencana ternak ayam yang anda kelola. Jangan sampai anda memilih tempat yang terlalu kecil atau terlalu besar pilihlah tempat dengan ukuran cukup untuk ayam berkeliaran namun tidak berlebihan. Anda pun harus selalu menjaga tempat tersebut memiliki suhu udara yang pas serta tidak terlalu kotor atau tejaga kebersihannya.

  1. Makanan dan nutrisi untuk ayam.

Pastikan bahwa anda tahu jenis jenis makanan yang seharusnya anda berikan untuk ayam sesuai dengan jenis ayam yang akan anda pelihara. Yang juga penting adalah anda mengecek kondisi ayam ayam anda secara berkala untuk mengatasi segera mungkin bila terjadi penyakit pada ayam.

  1. Pastikan target pemasaran dan bagaimana anda bisa mendapat bibit ayam yang bagus

Ini penting karena anda harus menentukan bagaimana ayam tersebut dijual dan dari mana anda mendapat ayam tersebut dan pastikan modal yang anda miliki cukup.

Mungkin itu yang dapat saya sampaikan tentang Ayam sebagai peluang bisnis baru. Semoga dapat dijadikan referensi bagi anda yang ingin mengetahui jenis jenis ayam dan persiapan bisnis dengan media ternak ayam.

Please follow and like us:
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *