Bukan satu hal yang aneh jika mengatakan bahwa kucing adalah salah satu hewan yang memiliki rentang usia cukup panjang dibandingkan dengan hewan rumahan lainnya. Akan tetapi yang menjadi pertanyaan dasar adalah apakah bagi kucing yang sudah cukup tua, makanan yang diberikan adalah yang seperti biasa dimakan oleh kucing dewasa pada umumnya?

 Pada dasarnya, kucing adalah hewan yang masuk kategori karnivora, namun masih mau untuk makan segala jenis makanan atau berubah menjadi omnivora karena sesuatu hal. Akan tetapi, ketika usianya sudah tidak lagi muda atau juga sudah sangat tua, rata-rata kucing akan menjadi picky eater dan sedikit rewel. Dikarenakan menjadi kucing yang rewel dan pilih-pilih makanan, maka diperlukan cara yang tepat untuk dapat meladeni hewan peliharaan tersebut agar tetap mau makan.

Bagaimana Merawat dan Memberi Makan Kucing yang Sudah Tua?

Pada umumnya setiap kucing yang sudah berusia lebih dari 10 tahun, maka kemampuannya untuk terus menggemuk akan semakin berkurang. Tidak hanya itu saja, pencernaan kucing untuk dapat mengubah makanan yang dimakannya agar dapat menjadi energi juga tidak lagi sebagus ketika masih muda. Oleh karenanya, tidak sedikit kucing-kucing tua akan memiliki tubuh yang kerempeng karena kemampuannya untuk mengubah makanan menjadi kalori dan menggali intisari protein sangat menurun drastis.

Tidak hanya fisiknya menjadi lebih kerempeng dan menyusut kecil, kucing-kucing yang sudah berusia tua juga rentan terhadap serangan penyakit arthritis dan masalah pada ginjalnya. Bahkan menurut penelitian, ketika sudah berusia tua, justru ada radikal bebas yang diproduksi oleh tubuh kucing itu sendiri yang mana dapat membunuh jaringan sel dan sejenisnya.

Bagaimana Merawat dan Memberi Makan Kucing yang Sudah Tua?

Dikarenakan berbagai macam masalah dan risiko berbahaya tersebut, maka dibutuhkan pemahaman sampai dengan pengertian dan juga penanganan tepat serta cepat agar kucing tua akan tetap sehat. Berikut cara penanganan kucing-kucing tua termasuk pemberian makanan yang tepat untuknya.

  1. Makanan

Seperti yang disebutkan di atas, ketika kucing sudah mulai beranjak tua, maka dia akan menjadi rewel dan pilih-pilih makanan. Untuk itu, maka berikanlan makanan yang banyak memiliki kandungan protein, serta kurangi makanan yang mengandung banyak kalori.

Jenis-jenis makanan yang dapat diberikan antara lain daging ikan dan juga sayur-sayuran. Jangan menggunakan makanan kalengan yang banyak mengandung zat-zat pengawet yang justru membahayakan kesehatan kucing tersebut.

Selain itu, ketika kucing sudah tua, maka seperti manusia pada umumnya, fungsi fisik dan inderanya juga menurun, termasuk pada bagian penciuman. Oleh karenanya, berikanlah makanan yang memiliki aroma kuat. Hal itu dilakukan agar dapat membangkitkan selera makannya setelah mencium aroma kuat dari makanan yang kamu berikan.

Bagaimana Merawat dan Memberi Makan Kucing yang Sudah Tua?

  1. Minuman

Setelah memperhatikan masalah makanan, hal lain yang patut kamu perhatikan adalah masalah pemberian minum. Sebenarnya, kucing adalah salah satu hewan yang dapat mentolerir masalah keterbatasan air minum untuk dirinya. Kucing mampu menahan rasa dehidrasinya sampai titik yang tinggi. Hanya saja, ketika sudah menjadi tua, maka kemampuan tersebut menurun drastis. Oleh karenanya, banyak kucing tua yang akan kebingungan ketika tidak ada minuman atau air minum yang disediakan hanya terbatas.

Untuk itu, sediakan air yang cukup agar dapat dikonsumsi hewan peliharaanmu itu karena ketika seekor kucing tua kehilangan 15 persen cairan dalam tubuhnya saja, maka dia akan sangat lemas dan kemudian berujung pada kematian.

kamu juga wajib memperhatikan masalah lainnya, seperti menjaga kebersihan kandang, memperhatikan kebersihan tubuh, bulu dan kuku sampai dengan membuat moodnya tetap bagus dan jauh dari stres.

Please follow and like us: