Mungkin zaman dahulu pemilik anjing hanya perlu memberikan daging atau makanan olahan lainnya kepada hewan peliharaannya tersebut, namun seiring dengan perkembangan zaman, sekarang ini ada sangat banyak sekali makanan-makanan khusus anjing dalam bentuk kemasan atau kalengan buatan pabrik yang dijual di pasaran.

Rata-rata semua produsen makanan kemasan atau kalengan tersebut mengklaim bahwa produknya sangat bagus untuk diberikan ke anjing karena memiliki banyak kandungan bergisi serta nutrisi yang lengkap. Hanya saja, dikarenakan banyaknya merk dan produk berbeda, tidak sedikit pemilik anjing menjadi bingung dibuatnya.

Salah satu cara untuk menentukan makanan anjing yang terbaik tersebut adalah dengan membaca labelnya, tabel kandungan serta informasi yang tertera dalam kemasan atau kalengannya.

Hanya saja, ketika harus disodori tabel dan informasi dalam setiap kemasan atau kaleng makanan anjing tersebut yang mana tidak semua orang mengetahui atau mengenal istilah-istilah itu. Ditambah lagi, terkadang cetakannya yang sengaja dibuat kecil dan membuat orang kesulitan dalam membacanya.

Nah, berikut ini adalah beberapa info yang dapat digunakan untuk memahami informasi yang tertera dalam makanan anjing dalam bentuk kemasan atau kalengan tersebut.

8 Informasi utama

Menurut penjelasan Merck Veterinary Manual, semua makanan anjing yang dalam kemasan khusus atau kalengan tentunya mempunyai dan harus tertera 8 informasi utama, yaitu:

Makanan Anjing

  • Nama produk
  • Berat bersih produk
  • Nama dan alamat pabrik pembuatanya
  • Guaranteed Analysis
  • Daftar bahan
  • Diperuntukkan ke hewan jenis tertentu (untuk anjing atau kucing)
  • Pernyataan terkait dengan kecukupan gizi
  • Pedoman pemuatan

Kandungan air

Menurut ketentuan dari FDA (sejenis BPOM milik Amerika Serikat), kandungan daging yang tertera dalam satu makanan kemasan atau kalengan harus memiliki toleransi 75 persen berupa air. Hal itu dikarenakan tanpa air, maka daging yang ada di dalam produk tersebut berkualitas rendah. Terlepas dari daging apakah itu, rata-rata semua makanan anjing kemasan atau kalengan sudah dihilangkan kandungan lemaknya dan lebih memadatkan sisi proteinnya.

Byproducts

Memang menurut veterinarian, pemilihan makanan yang mengandung byrpoducts merupakan keputusan masing-masing pemilik anjing. Hanya saja, makanan olahan pabrik yang dilabeli dengan ‘mengandung kandungan byproducts’ sangat kaya akan nutrisi seperti salah satunya adalah Vitamin A.

Daging olahan dengan byproducts juga mengandung darah, tulang, otak dan beberapa jerohan lainnya yang mana kemudian dilebur menjadi satu dan ditambahkan bahan-bahan lain untuk kemudian dijadikan makanan yang dapat dikonsumsi anjing.

Guaranteed Analysis

Guaranteed Analysis merupakan parameter utama akan kandungan total dalam sebuah makanan anjing baik dalam bentuk kemasan atau kalengan. Hal itu dikarenakan Guaranteed Analysis menjadi informasi mengenai persentase protein, lemak, serat dan moisture yang dikandung di dalam makanan tersebut. Hanya saja, yang perlu digarisbawahi adalah makanan anjing dalam bentuk kering memiliki standarisasi dan persentase yang berbeda dengan yang basah.

Setiap makanan anjing memiliki label berbeda

Seperti halnya kandungan dan juga jenisnya, setiap makanan anjing baik yang kemasan atau yang kalengan juga dibuat untuk anjing yang berbeda-beda. Contohnya saja, tulisan “Small breed formula” dibuat untuk diberikan kepada anjing yang memiliki tubuh lebih kecil, sepertu pudel atau chihuahua. Dan tentunya akan cukup lucu jika makanan dengan label tulisan tersebut diberikan ke anjing jenis herder atau pitbull.

Natural dan Holistic

Terkadang didapati tulisan natural atau holistic dalam bungkus kemasan atau kaleng dari makanan anjing. Maksud dari natural adalah mengandung kandungan atau bahan alami walaupun tidak terlalu banyak, sedangkan holistic di sini adalah bahasa marketing untuk menyebutkan keseimbangan antara bahan sintetis dengan alami.

Please follow and like us: