Jika kamu memiliki hewan peliharaan berupa ikan, maka satu hal yang tidak boleh terlupa adalah memberikannya makanan. Untuk masalah maka

wnan ini memang sangat praktis untuk membelinya di toko-toko khusus penjual ikan dan segala peranti lainnya atau sejenisnya karena selain jenis makanan yang dijual sangat beragam dan juga sudah memiliki kandungan nutrisi tertentu, harganya pun tidak terlalu mahal dibandingkan dengan makanan untuk hewan peliharaan lainnya.

Sayangnya, makanan-makanan yang dijual tersebut merupakan makanan olahan pabrik yang sudah pasti memiliki kandungan zat kimia di dalamnya, terutama yang berfungsi sebagai pengawet, serta bahan rekayasa lainnya. Untuk itu, walaupun  tidak jarang ada ikan yang justru mati dikarenakan makan makanan olahan pabrik tersebut.

Untuk itu, ada cara sedikit ribet, namun sangat aman sekaligus menyehatkan ikan-ikan tersebut, yaitu membuat makanan sendiri dengan bahan-bahan alami yang dapat diperoleh di sekitar. Berikut penjelasan singkatnya.

Permulaan

Setiap ikan memiliki kesukaan dan gaya makan yang berbeda-beda, oleh karenanya sangat sulit rasanya untuk menentukan apa yang harus diberikan dan juga berapa jumlah serta besarannya. Untuk itu, kamu dapat menggunakan 3 bahan yang umum dipakai sebagai campuran makanan ikan pada umumnya, yaitu cacahan salom, ikan cod dan juga udang kering. Memang ada jenis-jenis ikan yang masuk kategori picky eater dan untuk itu, kamu dapat menambahkan bahan lain yang menurutmu layak untuk diberikan.

Apa yang diperlukan?

Untuk membuat makanan ikan sendiri, maka yang diperlukan tentu saja adalah bahan-bahan, selanjutnya adalah pisau tajam untuk mencacah dan membuat bahan menjadi pecahan kecil, penggorengan, pengering dan juga mesin blender.

Makanan apa yang tepat untuk ikan?

Tidak semua ikan cocok untuk diberikan sembarang makanan karena ada yang masuk kategori karnivora, omnivora dan juga herbivora. Oleh karenanya, buatlah 3 jenis makanan untuk 3 kategori tersebut, seperti untuk ikan yang masuk kategori herbivora, maka berikanlah makanan yang terbuat dari cacahan sayuran yang telah dicacah kecil dan dikeringkan. Sedangkan untuk ikan yang masuk kategori karnivora, maka berikanlah cacahan daging ikan atau udang dan untuk ikan-ikan omnivora, makanan yang tepat adalah gabungan dari kedua makanan itu.

Resep DIY untuk ikan

  1. Makanan ikan standar

Makanan ikan satu ini adalah jenis makanan yang sangat standar dan dapat dikonsumsi oleh semua kategori ikan. Bahkan cara membuatnya juga cukup mudah, cepat serta dapat didinginkan di freezer. Bahan-bahan yang digunakan adalah 2 saset gelatin tawar, 3 cangkir kecil sayuran yang sudah dicacah, ½ cangkir seafood, sedikit bawang putih cacah dan beberapa tetes vitamin untuk ikan.

  1. Makanan untuk ikan herbivora

Bahan-bahan yang diperlukan adalah kacang polong beku, bayam yang sudah dicacah halus, cacahan mentimun, remah gandum dan gelatin tawar.

Cara Membuat Makanan Ikan yang Lebih Sehat daripada Makanan Olahan Pabrik Cara Membuat Makanan Ikan yang Lebih Sehat daripada Makanan Olahan Pabrik

  1. Makanan untuk ikan karnivora

Bahan-bahan yang diperlukan adalah gelatin tawar, hati sapi cincang, daging ikan putih, udang kering dan beberapa jenis sayuran yang sudah dicacah halus.

Cara Membuat Makanan Ikan yang Lebih Sehat daripada Makanan Olahan Pabrik

  1. Makanan ikan penuh protein

Bahan-bahan untuk membuat makanan ikan yang penuh protein adalah 200 gram daging ikan salmon, 1000 gram udang kering tanpa ekor, 500 gram kacang polong beku, 300 gram wortel yang sudah dicacah, 500 gram sayur bayam yang juga sudah dicacah, 2 lembar daun bawang putih dan gelatin tawar.

Semua makanan buatan sendiri tersebut mampu bertahan sampai 12 bulan lamanya jika kamu bekukan di dalam freezer. Untuk lebih membuatnya tahan lama sebelum dimasukkan ke dalam freezer adalah dengan memasukkannya terlebih dahulu ke kantong plastik yang dapat ditutup rapat.

Please follow and like us: