Hewan Langka Yang Ditakutkan Punah Indonesia merupakan negara yang kaya akan flora dan fauna, namun beberapa tahun ini ada banyak masalah yang terjadi menyangkut dengan alam yang mengakibatkan ada banyak hewan mati. Kebanyakan hewan tersebut mati karena berbagai hal seperti kebakaran hutan baik disengaja maupun tidak disengaja, juga disebabkan banyaknya pemburu yang mencari hewan langka untuk dijual. Kelahiran hewan langka tersebut juga rendah sehingga keberadaan hewan langka ditakutkan punah.

Berikut ini adalah beberapa hewan langka yang keberadannya ditakutkan sudah punah. Hal ini disebabkan karena jejak kehidupan hewan ini semakin lama semakin tidak terlihat :

  • Badak

Badak di Indonesia ada dua, yaitu badak bercula satu yang ada di Indonesia dan badak becula dua dari Sumatera, namun keberadaan dari badak ini semakin dikhawatirkan. Data terakhir menyebutkan jika badak bercula dua hanya ada 300 ekor, sedangkan untuk badak bercula satu jumlahnya semakin memprihatinkan, tercatat hanya ada 10 ekor saja. Pemerintah menangani ini dengan membuat penangkaran badak yang ada di Banten.

  • Harimau Sumatera

Sebenarnya Indonesia memiliki dua harimau, yaitu harimau Bali dan harimau Sumatera. Untuk harimau Bali sudah punah sejak tahun 1937, sedangkan untuk harimau Sumatera diperkirakan hanya ada 500 ekor saja.

  • Monyet hitam Sulawesi

Monyet hitam ini juga dikenal dengan nama monyet Wolai, memiliki fisik yang cukup unik, yaitu tubuhnya dipenuhi oleh warna hitam pekat mengkilat, pantat dan jambul berwana merah muda, memiliki tubuh yang besar, namun monyet ini keberadannya juga hampir punah.

  • Orang utan

Untuk orang utan yang masih satwa liar dan langka adalah orang utan Kalimantan dan orang utan Sumatera. Untuk orang utan Sumatera memiliki bentuk fisik yang lebih kecil dibanding dengan orang utan Kalimantan.

  • Anoa

Merupakan hewan yang memiliki habitat di Sulawesi, jika dilihat sekilas maka hewan ini mirip dengan kambing, namun memiliki tubuh yang lebih besar dan memiliki tanduk runcing, bahkan tanduknya mampu mencapai panjang 30 cm

  • Macan tutul Jawa

Dikenal juga dengan nama macan kumbang, macan ini hanya bisa dijumpai didaerah tropis.  Hewan ini bisa ditemukan diarea gunung kawasan konservasi, bisa idtemukan di TNG Gunung Fede pangrango. Ditahun 2007 macan tutul ini sudah dinyatakan punah

  • Jalak Bali

Burung ini hanya bisa ditemukan di Bali, ukuran burung ini 25 centimeter, dan burung ini spesies burung pengicau. Jumlah burung ini sangat dikhawatirkan, hanya ada 100 ekor saja, karena burung ini banyak diburu oleh orang.

  • Gajah Sumatera

Setiap tahun populasi gajah semakin menurun, dan sekarang semakin memprihatinkan. Penurunan populasi gajah disebabkan oleh ulah manusia yang melakukan perburuan liar. Selain itu gajah juga banyak yang tidak memiliki tempat tinggal setelah hutan yang mereka diami disulap menjadi lahan pertanian.

  • Pesut Mahakam

Hewan ini termasuk hewan mamalia, hidup diar yang tawar, sekarang ini tercatta hanya berjumlah 70 ekor. Anda bisa menjumpai hewan ini di sungai Mahakam.

BACA JUGA : Jenis Makanan Hewan Ternak yang Mengandung Banyak Nutrisi

Agar hewan langka tidak punah, ada beberapa cara yang bisa dipratikkan, diantaranya harusnya ada aturan hewan tidak berburu hewan sembarangan secara tegas dengan hukuman yang berat, sehingga tidak ada manusia yang berani untuk berburu liar, selain itu pemerintah dan masyarakat saling bau membahu dan paham bahwasanya harus menjaga lingkungan agar hewan yang ada didalamnya tidak kehialngan tempat tinggal.

Please follow and like us:
 

One Comment

  1. Meymey Hong February 15, 2018 at 10:30 pm

    mungkin pesut mahakam kali ya yang udah punah? jarang dengar gila nama itu baru kali ini perasaan

     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *