Jenis Makanan Hewan Ternak yang Mengandung Banyak Nutrisi Beternak merupakan hal yang tidak bisa dianggap sebelah mata. Untuk melakukan hal tersebut dibutuhkan perhitungan yang matang dan ilmu yang tepat. Bagi anda yang ingin mencobanya, maka anda harus membaca artikel ini agar berhasil dalam menjalankan usah atau aktivtas berternak anda. Anda tidak hanya butuh pengetahuan atau ilmu saja, ada faktor pengalamanan dan juga keterkunan untuk bisa mendapatkan keutungan dari usaha ternak anda. Nah, terlepas dari itu semuanya, bagi anda yang masih awam dengan hal ini maka anda harus mempertimbangkan masalah mekanan hewan ternak anda. Sebagai pengetahuan bagi anda akan diberikan beberapa jenis dari makanan ternak yang biasa dipakai. Ada banyak sekali jenis dari makanan untuk ternak ini. Namun kalau melihat dari jenisnya secara umum bisa terbagi menjadi 5 jenis saja. Diantaranya ialah makanan kasar, kosentrat,vitamin, mineral dan makanan tambahan.  Agar anda bisa mengenal lebih dekat lagi. Maka akan dijelaskan secara rinci dalam artikel yang sedang dihadapan anda ini. Perhatikan dengan baik agar anda bisa memelihara hewan ternak dengan tepat.

Pertama ialah makanan kasar. Ini merupakan makanan dengan volume yang besar. Biasanya untuk hewan ternak, makanan ini berasal dari tanaman, lebih tepatnya rumput atau daun-daunan. Yang umumnya digunakan ialah rumput yang ditemukan di halaman, atau rumput grinting, benggala, tuton dan berbagai jenis lainnya. Atau bisa juga dari daun leguminous bahkan dari jerami sisa dari panen. Semuanya itu tadi termasuk dalam makanan kasar ternak. Di mana banyak mengandung serat dan merupakan sumber nutrisi yang dibutuhkan oleh hewan. Kedua, konsentrat, atau biasa dikenal dengan makanan penguat. Jenis makanan ini mempunyai serat yang sangat terndah. Akan tetapi bisa dijadikan sebagai suber energy sekaligus protein. Biasanya makanan jenis ini banyak diberikan versamaan dengan makana yang lain, di mana merupakan makanan pelengkap. Ketiga, ialah pakan fermentasi. Nah, pakan ini memang dibuat agar makanan hewan menjadi awet dan bisa disimpan dalam waktu yang lama. Dengan menggunakan makanan ini, banyak sekali keuntungan yang bisa diperoleh. Diantaranya, gizi dan nutrisi bisa terpenuhi dengan baik dan hewan ternak menjadi lebih mempunyai kualitas. Selain itu, keberadaan makanan fermentasi ini akan membuat anda lebih efisien. Anda bisa membuat sendiri makanan fermentasi untuk ternak ini. Banyak informasi yang memberikan cara untuk mambuat makanan fermentasi ini.

Keempat ialah makanan mineral. Hewan ternak sangat membutuhkan makanan ini. Karena zat garam  serta zat anorganik bisa didapatkan dari makanan ini. Dengan menggunakan makanan dengan kandungan mineral banyak maka hewan akan terpenuhi kebutuhan mineral dalam tubuh. Untuk makanan tambahan ini tidak semua hewan memerlukan, karena terkadang dari makanan yang kasar atau sejenisnya yang diberikan sudah terdapat mineral yang mencukupi kebutuhan tubuh hewan ternak. Maka dari itulah akan sangat penting bagi anda untuk mengetahui dengan baik kandungan dalam makanan yang telah diberikan kepada hewan ternak anda. Terpenuhi atau tidak kebutuhan mineralnya, kalau belum baru anda tambahkan makanan dengan kandungan mineral ini. Kelima, adalah vitamin. Hewan ternak akan tumbuh dengan baik dengan adanya makanan yang mengandung vitamin. Vitamin sangatlah diperlukan dan dibutuhkan. Anda tidak bisa mengabaikan hal ini. Dan anda harus tahu bahwa tidak semua makanan mengandung vitamin. Ya, demikian tadi ulasan singkat mengenai beberapa jenis makanan ternak yang bisa menambah pengetahuan anda.

Please follow and like us: