Makanan Ideal untuk Biawak Air Atau Varanus Salvator. Biawak dengan nama ilmiah Varanus Salvator atau yang biasa disebut kadal air karena kemampuan berenang yang sangat baik.

Makanan Yang Baik Untuk Salva

Makanan Yang Baik Untuk Salva

Kadal ini juga sering disingkat Salva oleh para pecinta reptile merupakan kadal yang memiliki ukuran  untuk salva dewasa antara 1 sampai 2 meter dan merupakan jenis kadal terbesar kedua setelah komodo. Kadal ini tersebar di wilayah Asia tenggara khususnya Filipina dan Indonesia.Jika anda ingin memelihara hewan yang satu ini anda harus memerhatikan makanannya agar dapat memelihara dengan baik. Mungkin banyak yang belum tau apa saja makanan salwa yang satu ini yang tentunya aman dikonsumsi dan merupakan makanan yang dapat membuat peliharaan anda yang satu itu tambah lincah dan tumbuh dengan baik.

Berikut dibawah ini adalah beberapa jenis makanan yang baik disajikan bagi Salva;

  1. Jangkrik

Sudah menjadi hal yang umum jika jangkrik digunakan sebagai makanan satwa ada yang menggunakannya untuk memberi makan burung dan masih banyak lagi salah satunya adalah untuk memberi makan pada salva. Jangkrik memiliki protein yang tinggi dan berguna untuk pertumbuhan salva. Selain itu kandungan glutation(GSH) dalam jangkrik juga dapat digunakan sebagai anti oksidan alami untuk salva. Untuk porsi dari jangkrik yang diberikan sendiri tergantung dari ukuran dan umur salva. Untuk salva yang panjangnya kurang dari 30 cm atau disebut baby salva kita dapat membeerikan makan 3 ekor jangkrik setiap harinya dan untuk salva yang sudah melebihi 30 cm kita dapat memberikan makan 10 – 15 ekor jangkrik setiap harinya.

  1. Cicak

Cicak dengan nama latin Cosymbolutos platyurus dikenal sebagai hewan penganggu karena kehadirannya dirumah kita yang biasanya menimbulkan bau tidak sedap dari kotoran yang cicak keluarkan hewan ini. Namun ternyata hewan yang satu ini dapat digunakan sebagai makanan salva. Biasanya porsinya kembali ke ukuran salva untuk yang kurang dari 30 cm cukup dengan memberikan cicak ukuran kecil setiap dua hari sekali. Namun untuk salva yang panjangnya lebih dari 30 cm kita harus memberikan makan 1 ekor cicak ukuran besar untuk 1 hari atau cicak ukuran besar untuk dua hari sekali.

  1. Mencit

Sebuah nama yang tak asing lagi bagi pecinta salva namun akan terdengar asing bagi anda yang baru pertama kali memelihara salva. Mencit atau dengan nama latin (Mus musculus) adalah tikus kecil yang biasanya kita temui dirumah kita sebagai pengganggu atau hama namun hewan yang satu ini cukup efektif untuk dijadikan makanan Salva. Untuk porsi sendiri salva ukuran lebih dari 30 cm memerlukan sekitar satu ekor mencit untuk dua hari.

Banyak tempat yang dapat kita digunakan untuk mencari hewan hewan diatas mulai dari mencari sendiri dirumah atau dengan mencari  toko toko makanan hewan khususnya reptile. Data yang saja sajikan diatas merupakan porsi makanan untuk salva yang tergolong masih muda atau masa pertumbuhan. Untuk salva yang dewasa akan memiliki porsi yang lebih banyak lagi dalam pemberian makanan hewan hewan diatas. Faktor yang paling penting sebelum memberikan makan kepada salva adalah memastikan bahwa salva mendapat makanan dalam kondisi segar maksudnya hewan hewan yang akan dikonsumsi harus dipastikan masih hidup atau bukan merupakan bangkai yang telah mati beberapa hari.

Satu tips dari saya waktu memberikan makan adalah saat perut dari salva terlihat keriput karena ini merupakan saat yang paling tepat salva menghabiskan makanannya dan dapat membuat tumbuh kembangnya lebih baik.

Please follow and like us: