Sampai sekarang mungkin sudah tidak terhitung lagi berapa banyak  makanan-makanan olahan pabrik yang diperuntukkan bagi anjing dijual di pasaran. Walaupun pada dasarnya semua jenis makanan
tersebut memiliki kandungan nutrisi yang bagus dan bermanfaat untuk anjing, namun pada kenyataannya, ada beberapa yang justru terlalu banyak menggunakan zat kimia di dalamnya.

Bahkan  menurut penelitian dari sebuah kelompok yang menamakan diri mereka Environmental Working Group dengan hasil jurnalnya yang berjudul Polluted Pets menjelaskan bahwa di seluruh dunia ada sekitar 40 persen hewan peliharaan yang mengonsumsi makanan yang mengandung zat kimia dalam tingkatan yang cukup tinggi dibandingkan dengan manusia sendiri.

Makanan Sehat yang Direkomendasikan untuk Diberikan ke Anjing PeliharaanDikarenakan hal itu, maka hewan seperti anjing yang sering mengonsumsinya akan rentan terhadap masalah kesehatan dan kerusakan hormon serta sel. Bahkan tidak sedikit akhirnya berimbas pada fisik hewan yang bersangkutan.

Tentunya dengan paparan penjelasan di atas maka akan membuat para pemilik anjing merasa was-was, ragu dan takut untuk membeli makanan untuk hewan peliharaannya secara bebas bukan? Oleh karenanya di bawah ini adalah jenis-jenis makanan untuk anjing yang sangat direkomendasikan karena memiliki kandungan senyawa kimia yang cukup sedikit atau bahkan ada yang tidak ada sama sekali.

Newman’s Own Organics

Makanan Sehat yang Direkomendasikan untuk Diberikan ke Anjing Peliharaan

Newman’s Own Organics adalah jenis makanan yang mengandung unsur tanaman dan sayur tinggi. Makanan untuk anjing satu ini memiliki bentuk seperti kue yang mana tidak berisikan GMOs atau
genetically modified organism. Sekitar 70 persen bahan yang digunakan untuk membuat Newman’s Own Organics ini adalah organik dan bebas akan segala zat kimia, seperti herbisida, pestisida dan banyak lainnya.

The Honest Kitchen

Makanan Sehat yang Direkomendasikan untuk Diberikan ke Anjing Peliharaan

Walaupun bukan merupakan makanan anjing yang organik, akan tetapi The Honest Kitchen diciptakan dari bahan alami 100 persen. Bahan yang dipakai untuk membuat makanan anjing satu ini antara lain, bahan alami dan tidak ada yang buatan, daging, jagung, gandum, kedelai dan beberapa yang berasal dari Cina.

ORGANIX

Makanan Sehat yang Direkomendasikan untuk Diberikan ke Anjing Peliharaan

ORGANIX adalah jenis makanan untuk anjing yang diproduksi oleh sebuah perusahaan Amerika Serikat. Makanan untuk anjing satu ini juga sangat disarakan untuk dapat dibeli dan diberikan kepada hewan peliharaan karena pada tahun kemarin, ORGANIX sukses menyabet gelar makanan hewan terbaik. Seperti halnya The Honest Kitchen, ORGANIX tidak memiliki kandungan kimia berbahaya lainnya.

Freshpet

Makanan Sehat yang Direkomendasikan untuk Diberikan ke Anjing Peliharaan

Seperti namanya, Freshpet merupakan makanan untuk anjing yang sangat jauh dari bahan-bahan kimia dan diolah secara higienis di sebuah perusahaan di Amerika Serikat. Dikatakan fresh karena memang makanan anjing ini fresh tanpa bahan pengawet apapun. Bahan baku untuk membuat makanan anjing ini adalah menggunakan 100 persen unggas yang dicampur dengan daging sapi dan ikan yang dibesarkan di peternakan atau tambak sendiri. Selain menawarkan makanan dari daging, perusahaan pembuat
Freshpet juga menawarkan makanan anjing jenis lain yang dibuat dari biji-bijian dan juga sayuran yang memiliki kandungan protein tinggi. Makanan jenis ini sangat cocok untuk diberikan kepada anjing yang memiliki alergi dan dalam proses penyembuhan.

Tender & True

Makanan Sehat yang Direkomendasikan untuk Diberikan ke Anjing Peliharaan

Seperti halnya Freshpet, Tender & True juga salah satu jenis makanan untuk anjing yang 95 persen bahan bakunya berasal dari bahan organik. Bahkan bahan-bahan organik yang digunakan sudah mengantongi sertifikat USDA. Bahan organik tersebut juga memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Perusahaan pembuat Tender & True ini bekerja sama dengan Global Animal partnership (GAP) dalam pembuatannya.

Please follow and like us: