Mengenal Jenis Makanan Hewan yang Ada di Alam. Selain air, makanan merupakan salah satu sumber kehidupan yang diperlukan oleh semua makhluk hidup yang ada di dunia.

Berbagai Jenis Makanan Hewan

Hewan merupakan salah satu makhluk hidup yang memiliki sumber makanan berbeda jika dibandingkan dengan manusia dan hewan. Jika dibandingkan dengan tumbuhan, hewan memiliki jenis makanan yang setipe dengan makanan manusia. Meskipun begitu, tidak semua makanan hewan memiliki kesamaan dengan makanan yang diasup oleh manusia. Di alam bebas sendiri, hewan memiliki jenis sumber makanannya sendiri. Jika dikelompokan menurut sumber makanannya, sumber makanan hewan terbagi menjadi 2 jenis, yakni, hewan dan tumbuhan.

Berbagai Jenis Makanan Hewan

Makanan hewan yang bersumber dari tumbuhan dapat berupa batang, buah-buahan, daun, akar, umbi-umbian dan biji-bijian. Sedangkan untuk sumber makanan hewan yang berasal dari hewan, daging, serangga, tulang dan ikan merupakan sumber makanan yang dapat disantap oleh hewan tersebut. Masing-masing sumber makanan hewan yang berada di alam tersebut tidak semua sumber makanan dapat dimakan oleh semua jenis hewan yang ada.

Sumber makanan hewan yang berasal dari tumbuhan hanya dapat diasup oleh hewan herbivora saja. Sebagai hewan yang masuk ke dalam kelas herbivora, tumbuh-tumbuhan menjadi sumber makanan utama bagi hewan tersebut. Hewan yang masuk ke dalam kelas herbivora tidak dapat memakan sumber makanan yang berasal dari hewan akibat keadaan fisiologi yang dimiliki oleh hewan tersebut.

Burung berparuh misalnya, dengan paruhnya tersebut sangat tidak mungkin untuk mengunyak daging sebagao santapannya. Tumbuhan yang merupakan salah satu sumber makanan bagi hewan ini memiliki bagian tubuh yang seluruh tubuhnya dapat dimanfaatkan sebagai sumber makanan hewan. Baik daun, buah, biji, akar dan batang dapat dijadikan sumber makanan bagi hewan.

Berikut penjelasan mengenai bagian tumbuhan yang dapat dijadikan sumber makanan hewan:

  • 1.Daun

Daun merupakan salah satu bagian tumbuhan yang paling banyak dimanfaatkan oleh hewan sebagai sumber makanannya. Tidak hanya ulat yang menjadikan sumber makanannya dan tempat tinggal, kambing, sapi, kelinci, jerapah, kijang, kerbau dan zebra menjadi beberapa jenis hewan yang memanfaatkan daun sebagai sumber makanan alami.

  • 2.Batang

Sapi dan kerbau merupakan hewan yang banyak dimanfaatkan oleh petani. Untuk memberikan asupan kepada kedua jenis hewan tersebut, batang padi dan jagung merupakan sumber makanan yang dapat diasup oleh kedua hewan tersebut. Selain itu, panda menjadi jenis hewan lainnya yang mengkonsumsi batang tumbuhan.

  • 3.Buah

Buah menjadi salah satu sumber makanan hewan yang banyak diasup. Selain burung, ulat merupakan jenis hewan yang mengkonsumsi buah sebagai sumber makanannya.

  • 4.Biji-bijian

Biji-bijian merupakan sumber makanan yang dikonsumsi oleh burung. Selain burung, biji-bijian juga diasup oleh tupai yang memanfaatkan biji kenari sebagai sumber makanannya.

Selain tumbuhan yang menjadi sumber makanan bagi hewan, hewan juga dapat memakan sesamanya. Hewan yang masuk ke dalam kelas karnivora merupakan jenis hewan yang dapat memangsa daging, tulang dan serangga. Hewan berukuran kecil merupakan mangsa terbaik yang dapat dimakan oleh hewan dengan ukuran tubuh yang lebih besar.

Tikus dapat dimangsa oleh kucing dan kijang dapat dimangsa oleh singa dan harimau merupakan contoh dari rantai makanan tersebut. Hewan yang masuk ke dalam kelas karnivora termasuk ke dalam hewan buas dan sulit untuk dijadikan hewan peliharaan. Selain buas, proses pemeliharaan hewan karnivora tersebut sangat sulit mengingat kebutuhan daging yang harus disiapkan sebagai sumber makanan utamanya. Itulah penjelasan mengenai sumber makanan hewan yang ada di alam.

Please follow and like us: