Mengenal Lebih Jauh Hobby Baru Pelihara Iguana Jika kita mendengar kata iguana pasti hal yang kita pikirkan adalah kadal dengan ukuran yang besar dan dipelihara untuk kalangan menengah keatas. Anggap tersebut tak sepenuhnya salah karena iguana merupakan sejenis kadal yang hidup di daerah tropis. Habitat asli iguana berada di Amerika Tengah, Amerikan Selatan dan Karibia.  Saat ini iguana memiliki prospek yang cukup menjanikan jika diternak. Karena jika kita melihat di Indonesia masih banyak komunitas komunitas pecinta hewan yang satu ini. Ciri fisik yang umum  dari iguana ini adalah pada bagian bawah rahangnya terdapat lipatan kulit, memiliki sisik besar bundar yang cukup besar pada pipinya yang disebut dengan selubung subtimpani. Keunik dari iguana adalah hewan yang satu itumemiliki penglihatan yang bagus sehingga dapat melihat bayangan , melihat warnaserta untuk membidik mangsanya dari kejauhan. Selain itu mata pada iguana juga digunakan untuk berkomunikasi dengan sesama spesies. Iguana memiliki sebuah telinga yang disebut timpanium jika diperhatikan letak dari tipanum atau merupakan gendang telinga ini berada bagian kanan atas selubung subtimpani dan ada juga yang terletak pada bagian belakang mata. .Iguana jika di indonesia biasanya dijumpai pada toko toko reptile. Jenis iguana pun beragam berikut akan saya sajikan jenis iguana dan penjelasan singkat tentang masing masing masing jenisnya.

  1. Iguana Hijau (Green Iguana)

Dilihat dari namanya pasti kita sudah menebak bahwa warna dari iguana ini adalah hijau. Yap anggapan itu tepat karena iguana hijau merupakan iguana yang warna tubuhnya didominasi warna hijau cerah dan untuk beberapa iguana ini jenis ini memiliki warna hitam kecoklatan pada bagian punggung. Iguana ini memiliki propek yang bagus dalam penjualan karena merupakan jenis iguana yang mudah dalam hal perawatan , hewan ini juga masih bebas dipelihara karena populasinya yang tinggi dan  keberadaannya belum dilindungi oleh negara.

  1. Iguana Blue Diamon

Iguana ini sekilas terlihat mirip dengan iguana hijau hanya saja hal yang membedakan iguana ini dari iguana lainnya adalah iguana ini memiliki corak biru yang cantik disekitar kepalanya. Karena corak inilah iguana ini disebut blue diamon.

  1. Blue Iguana

Ini merupakan jenis iguana yang memiliki warna dasar kulit biru

Untuk harga sendiri tergantung dalam jenis ,ukuran dan keadaan iguana saat dijual. Sampai saat ini iguana hijau, dan iguana blue diamon masih berada pada pasaran  Rp 450.ribu hingga 2juta rupiah. Untuk harga seekor iguana merah (Red Iguana) harganya tidak terpaut jauh dari Iguana Hijau yakni berkisar Rp 600ribu sampai dengan 3jt rupiah.

Masih banyak lagi jenis dari Iguana ini dengan harga yang beraviasi pula.  Untuk memilih dan membeli Iguana anda harus memperhatikan kondisi dari iguana yang hendak anda beli jangan sampai anda salah beli dan mendapat iguana dengan kondisi yang tidak sehat. Saya sangat sarankan bila anda ingin membeli Iguana pilihlah iguana yang masih bayi atau disebut dengan baby iguana yang berumur kurang dari 1 tahun dan memiliki berat kurang dari 2 kg serta panjang 18-30 cm.  Hal ini dikarena bila anda membeli baby iguana anda akan belajar bagaimana berinteraksi dengan iguana secara langsung dan menjadikan iguana itu terlatih dan terbisa dengan anda sehingga saat iguana itu tumbuh nantinya ia akan setia dan tidak melukai anda saat diajak bermain maupun jalan jalan bersama anda.

Please follow and like us:
 

One Comment

  1. adammaulanahusein March 23, 2018 at 11:16 pm

    kalo boleh tau misalkan pelihara iguana itu cepat mati tidak yah?

     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *