Pakan Ayam Yang Sehat dan Bikin Ayam Cepat Gemuk. Memilih makanan untuk ayam tidak bisa sebarangan karena akan menentukan kesehatan serta produktivitas yang dihasilkan ayam tersebut.

Saya akan memberikan tips bagaimana  memberi makan ayam dengan harga yang relative murah namun dengan hasil yang maksimal. Yang pertama harus kita lakukan adalah memastikan dan  menaksir kebutuhan untuk konsumsi ayam. Jika anda hanya memelihara ayam dengan jumlah yang tidak begitu banyak anda dapat menggunakan sisa sisa makanan keluarga anda.

Namun yang perlu digaris bawahi disini adalah saat anda memberikan makanan pastikan keadaan dalam kondisi bersih dan masih layak untuk konsumsi ternak jika anda menggunakan nasi sisa anda dapat mencucinya dengan air hangat terlebih dahulu kemudian nasi tersebut dapat dicampur dengan dedak padi atau nutrisi lainnya. Pastikan saat akan memberikan makan ayam  tidak dalam jumlah yang berlebihan karena bila terlalu sedikit atau berlebih akan tidak bagus untuk pertumbuhan ayam.

Jika yang anda pelihara merupakan ayam hias anda dapat memberikan makanan khusus ayam pada toko toko pakan ternak untuk menjaga kualitas bulu dan kondisi ayam tersebut.  Jika anda seorang pengusaha pertenakan ayam alangkah baiknya anda memberikan pakan dan nutrisi yang terbaik untuk ayam ayam anda agar memperoleh hasil yang maksimal.

Berikut saya hadirkan beberapa jenis  makanan ayam serta kandungan nutrisi didalamnya

  1. Dedak Padi

Dedak Padi

Dedak padi diperoleh dari sisa penggilangan padi menjadi beras. Ini merupakan bagian selaput pelindung beras namun terkadang juga masih menyisakan sedikit kadungan beras didalamnya. Dedak padi merupakan jenis pakan yang efisien serta mudah didapatkan khususnya di Indonesia sebagai negara agraris. Dedak padi dapat dijadikan sumber energi dan asam amino bagi unggas. Namun dedak padi mengandung serat kasar yang kurang cocok untuk ayam yang masih muda atau beberapa hari. Dalam memilih dedak padi kita juga harus memerhatikan kualitas dan kondisi dedak tersebut. Cara yang paling mudah untuk mengeceknya adalah dengan mencium aroma yang berasal dari dedak padi , dedak padi yang masih bagus akan mengeluarkan arom khas beras namun yang sudah kualitas buruk akan menimbulkan bau tengik(apek).

  1. Singkong

Singkong

Cara yang paling mudah untuk membuat pakan dari singkong adalah dengan  megolah terlebih dahulu menjadi gaplek dengan cara memotong lalu mengeringkannya hingga keringdan ditumbuk seperti tepung. Singkong dapat digunakan sebagai sumber energi yang baik dengan kandungan metabolisnya sekitar 3.440kkal/kg hampir setara dengan jagung namun singkong memiliki protein yang rendah.

  1. Sorgum

Sorgum

Sorgum adalah tanaman serbaguna yang dapat digunakan sebagai sumber pangan , pakan ternak, dan bahan baku industri. Sorgum sangat cocok jika digunakan sebagai pakan ayam karena  kandungan protein yang lebih besar dari pada jagung. Namun walaupun sorgum dijadikan sumber pangan oleh beberapa daerah di Indonesia kita akan sulit menemukan sorgum dan harganya pun jika dikirim ke wilayah kita tidak murah.

Mungkin itu refensi yang dapat saya sajikan berkaitan dengan pakan ayam yang sehat dan bikin ayam cepat gemuk semoga dapat dijadikan referensi bagi teman teman yang ingin membuka usaha bisnis ternak ayam atau ingin memlihara ayam namun belum memiliki pengetahuan dalam hal pakan ternak. Kunci dari memberi makan ternak adalah kita harus selalu berusaha untuk memberikan pakan yang terbaik memperhatikan beberapa faktor baik itu kualitas pakan, harga pakan dan jenis ayam yang akan kita beri makan karena pakan merupakan hal penting yang harus kita perhatikan untuk menentukan kesuksesan usaha ternak kita semua.

Please follow and like us: