Penggolongan Berdasarkan Jenis-jenis Makanan Hewan Makanan hewan terbagi menjadi beberapa macam. Hal ini bisa dibedakan berdasarkan jenis dari hewannya. Jenis makanan ternyata dapat digolongkan berdasarkan hewan yang mengkonsumsinya. Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan beberapa sumber makanan yang biasa dikonsumsi oleh hewan. Pertama ialah jenis makanan yang bersumber pada tumbuhan. Tentu sudah diketahui bahwa tumbuhan adalah makanan hewan yang sangat dibutuhkan. Bila dibayangkan kalau tidak asa tumbuhan maka hewan akan kehilangan sumber makanannya. Hampir seluruh bagian dari tumbuhan bisa dijadikan sebagai makanan hewan. Mulai dari bunga, daun batang, bahkan sampai dengan akar. Kedua, selain bersumber pada tumbuhan makanan bisa bersumber pada hewan. Ada beberapa jenis hewan yang mengkonsumsi hewan yang lain. Hampir secara umum hewan yang memakan hewan lain merupakan hewan yang memakan tumbuhan. Meskipun tidak selalu seperti itu. Dua itu merupakan penggolongan makanan berdasarkan jenis makanannya. Ada pula makanan yang digolongkan berdasarkan jenis hewan. Dalam hal ini, penggolongan terbagi menjadi 3 bagian. Agar anda paham mengenai penjelasannya, anda bisa menyimak ulasannya dalam pembahasan selanjutnya.

Makanan hewan bisa dikelompokkan berdasar jenis makanan. Hewan bisa makan daging, tumbuhan bahkan bisa keduanya. Jadi ada hewan yang makan tumbuhan seperti biji, buah atau rumput. Ada pula hewan yang makan daging atau bangkai. Jadi bisa dikatakan hewan bisa makan hewan atau tumbuhan. Berdasarkan hal tersebut maka pengelompokan dibagi tidak golongan, yakni karnivora, herbivora serta omnivora. Agar lebih jelas lagi mari dibahas satu persatu mengenai tiga golongan makanan berdasarkan jenis hewannya. Pertama ialah Hwan yang makan tumbuhan. Biasanya terdiri atas hewan yang makan biji, rumput dan daun-daunan bahkan sampai buah. Anda bisa melihat contoh nyatanya di sekeliling anda. Mulai dari kelinci, kerbau, sapi dan lain sebagainya. Masih ada banyak lagi hewan yang makan tumbuhan. Seperti yang dijelaskan tadi, tidak hanya bagian daun saja, akan tetapi buah juga tergolong jenis ini. Burung atau kera banyak yang menjadikan buah sebagai makannya. Karnivora, umumnya jenis hewan yang semacam ini mempunyai jenis gigi yang tajam dan juga kuat. Di mana itu untuk memburu mangsanya. Hewan ini merupakan jenis pemakan daging. Tidak hanya giginya yang mampu merobek mangsa. Hewan ini juga memiliki penglihatan serta penciuman yang tajam. Beberapa jenis hewan ini diantaranya seperti kucing, anjing buaya dan jenis lainnya. Selain berburu mangsa sendiri hewan karnivora yang memakan bangkai juga ada misalnya burung. Bahkan hewan yang memakan serangga juga masuk dalam golongan karnivora. Beberapa contoh pemakan serangga seperti katak ataupun cicak.

Sedangkan jenis hewan yang terakhir ialah omnivora atau biasa disebut dengan hewan pemakan daging dan tumbuhan. Hewan yah senapan ini lebih banyak memakan tanaman dari buahnya. Jadi tidak jauh berbeda dengan manusia, kopi, buah enau dan lain sebagainya. Bahkan manusia masih digolongkan ke dalam jenis omnivora karena memang memakan keduanya. Banyak sekali hewan yang memakan keduanya ini misalnya seperti burung. Bebagai jenis burung makan tanaman dan juga buah. Anda pasti sudah mengetahui jenis hewan apa saja yang masuk dalam golongan ini. Karena bisa dengan mudah menemukan jenis hewan di lingkungan sekitar anda. Demikian tadi beberapa penjelasan mengenai hewan dan jenis makanannya. Informasi ini bisa sebagai pengetahuan bagi anda. Bahwa hewan dan tumbuhan sangat sangat dengan hidup anda. Makanya keduanya harus dilestarikan dengan baik.

Please follow and like us: