Untuk terus dapat menjaga kesehatan kucing peliharaan, dengan merawat bulu sampai dengan kebersihan kandangnya saja tidaklah cukup, karena diperlukan hal-hal lain yang lebih spesifik, seperti contohya pemberian makanan yang baik..

Akan tetapi, terkadang ada pemilik kucing yang belum mengerti benar mengenai apa makanan yang wajib diberikan ke kucing, jenis-jenisnya sampai dengan berapa banyak harus memberikan makanan tersebut. Dengan sembarangan memberikan makanan terhadap kucing peliharaan, terutama yang masuk kategori ‘mahal,’ maka justru akan membuat hewan tersebut sakit-sakitan.

 

sudah benarkah kamu memberikan makan ke kucing peliharaanmu

Jenis-jenis makanan untuk kucing

Walaupun digolongkan karnivora namun pada kenyataannya, kucing mampu memakan banyak jenis makanan yang diberikan kepadanya, terutama kucing-kucing yang dirawat sedari kecil. Khususnya untuk kucing rumahan yang sudah dirawat mulai bayi, ada 3 jenis makanan berbeda yang dapat dikonsumsinya setiap hari, yaitu makanan kering, basah dan percampuran antara keduanya.

sudah benarkah kamu memberikan makan ke kucing peliharaanmu sudah benarkah kamu memberikan makan ke kucing peliharaanmu sudah benarkah kamu memberikan makan ke kucing peliharaanmu

Makanan kering adalah salah satu jenis makanan kucing yang paling populer dipakai para pemilik kucing, terutama di Indonesia. Hal itu disebabkan makanan jenis ini dijual dengan harga yang cukup murah. Bahkan ada pula yang tidak melalui kemasan khusus, melainkan dijual secara kiloan. Hanya saja, makanan kering ini memiliki nutrisi yang tidak seimbang. Dikarenakan itu, banyak kucing yang akhirnya menjadi obesitas dikarenakan sering diberikan makanan kering.

sudah benarkah kamu memberikan makan ke kucing peliharaanmu

Makanan percampuran adalah jenis makanan yang memiliki tekstur lebih ringan dan rasa crunchy ketika dikunyah. Hanya saja, khususnya di Tanah Air, makanan jenis ini kurang begitu populer. Makanan basah merupakan janis makanan yang paling dianjurkan oleh para dokter hewan karena mudah untuk dimakan sekaligus dicerna dan juga memiliki rasa yang enak. Nutrisi dari makanan basah pun lebih tinggi dibandingkan kedua jenis sebelumnya. Hanya saja, makanan basah lebih mudah basi dan juga harganya cukup mahal.

Bagaimana cara memberi makan kucing yang benar?

Seperti halnya keturunannya yang lain, harimau atau singa, kucing adalah hewan yang memiliki kebiasaan untuk berburu dan mencari makanan dengan sendirinya. Hanya saja, kebiasaan tersebut menjadi menurun bahkan hilang ketika seseorang terlalu memanjakan kucingnya dengan terus mengurungkan di kandang.

Memang hal tersebut cukup bagus karena dapat melatih si kucing agar tidak makan sembarangan, namun di sisi lain justru menghilangkan insting dia sendiri sebagai seorang pemburu. Oleh karenanya, tidak jarang ada kucing yang justru takut ketika bertemu dengan seekor tikus.

Maka dari itu, berikanlah kesempatan dalam satu hari beberapa jam agar si kucing dapat berjalan-jalan di sekitar rumah dan letakkan makanan di luar kandang di suatu tempat agar dia dapat mencarinya sendiri.

sudah benarkah kamu memberikan makan ke kucing peliharaanmu

Berapa banyak makanan yang harus diberikan?

Ketika memiliki seekor kucing, maka adalah satu langkah yang salah ketika harus memberikannya sembarang makanan dengan durasi yang terlalu sering karena justru hal itulah yang membuat binatang tersebut menjadi obesitas dan tidak lincah lagi. Untuk itu, dalam memberikan makanan yang tepat, maka kamu harus mempertimbangkan faktor usianya.

Untuk kucing-kucing yang masih kecil dan baru lahir sampai dengan 6 bulan, maka pemberian makanan yang tepat adalah dengan memberikan 3 jenis camilan ringan dalam sehari sebagai pendukung susu. Setelah itu, dari usia 6 bulan sampai dewasa, kamu hanya perlu memberikan makanan maksimal 2 kali saja dalam sehari.

Tentang berapa banyak makanan dalam satu mangkuk atau tempat makanannya, kamu dapat memperkirakan sendiri berdasarkan pantauan sehari-hari. Ada kucing yang memang rakus, akan tetapi ada pula yang tidak begitu suka makan dalam jumlah besar.

 

Please follow and like us: