Tips Memelihara Hewan Peliharaan Memiliki hewan peliharaan dirumah pastinya sangat menyenangkan, seseorang akan lebih terhibur dirumah, bisa bermain sepuasnya dengan hewan peliharaan. Ada banyak hewan peliharaan yang bisa anda pilih, ada hewan peliharaan yang hanya digunakan untuk hoby saja atau sebagai teman yang menemani kita terutama saat sendiri atau sedang bermain judi online, dan ada juga hewan peliharaan yang bertujuan untuk menghasilkan keuntungan. Dari banyaknya hewan yang ada disekitar kita, berikut ini hewan yang banyak dipelihara dirumah.

Pertama adalah anjing, anjing merupakan salah satu hewan yang sangat disukai oleh banyak orang, bahkan anjing dikenal sebagai hewan yang bersahabat dengan manusia. Ada banyak jenis anjing didunia ini, mulai dari anjing yang digunakan untuk memangsa dan ada juga jenis anjing lucu dan sangat menggemaskan.

Hewan kedua yang banyak dipilih untuk dipelihara adalah kucing, hewan satu ini dikenal sebagai hewan yang manja. Ada banyak jenis kucing disekitar kita, mulai dari kucing biasa hingga kucing yang harganya jutaan rupiah.

Hewan selanjutnya yang sering dipilih untuk dipelihara adalah hamster, merupakan hewan yang berbentuk seperti tikus, namun memiliki ukuran yang lebih lucu dan lebih imut, untuk memelihara hewan satu ini anda harus benar- benar menjaga kebersihan kandangnya.

Hewan selanjutnya adalah ikan, banyak orang yang memelihara ikan sebagai hiasan, salah satu jenis ikan hias yang banyak digemari orak adalah ikan koi.

Dalam memelihara hewan peliharaan tidak boleh sembarangan, hewan peliharaan harus dijaga dengan baik dan benar. Berikut ini adalah beberapa tips cara memeilihara hewan peliharaan :

  • Pilih kandang yang sesuai

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih kandang yang sesuai, ada yang hewan tidak suka dengan kebisingan dan ada juga hewan yang tidak masalah dengan kebisingan. Jika anda ingin memelihara kelinci maka sebaiknya pilih tempat atau kandang yang jauh dari kebisingan. Karena kelinci sangat mudah mengalami stress. Untuk membuat kandang and ajuga harus memperhatikan dengan baik, jangan sampai anda membuat kandang dengan menggunakan bahan yang berbahaya untuk hewan.

  • Lihat kondisi hewan

Jika anda mendapatkan hewan peliharaan di toko hewan, maka sebaiknya pilih hewan yang berbadan sehat. jika anda tidak mempu memelihara hewan yang masih kecil maka sebaiknya pilih hewan yang sudah tumbuh cukup besar dan sudah tidak membutuhkan peran dari orang tua hewan. Dan jika anda sudah mendapatkan hewan yang diinginkan maka sebaiknya pelihara hewan dengan baik, berikan vitamin secukupnya, dan jika perlu sebaiknya perikasakan hewan peliharaan setiap 3 bulan sekali.

  • Makan minum hewan harus diperhatikan

Hal lainnya yang harus diperhatikan adalah pemberian makan dan minum hewan peliharaan. Berikan asupan makanan dan gizi yang cukup sehingga kesehatan hewan terjaga. Sebaiknya beri porsi hewan secukupnya, jangan berlebih karena sisa dari makanan yang tidak dimakan malah akan membuat lingkungan atau kandang kotor dan bau.

  • Pastikan membersihkan kandang hewan secara teratur

Ketika membersihkan kandang hewan and harus melihat hewan apa yang anda pelihara, jika anda memelihara burung atau ikan maka anda harus membersihkan kandang maksimal 1 minggu satu kali, namun untuk hewan lainnya maksimal anda harus membersihkan selama 2 minggu sekali.

  • Membersihkan hewan peliharaan

Ini juga sangat penting dan inti, hewan yang bersih pastinya akan selalu sehat

Selain itu jangan lupa juga untuk mengajak bermain hewan peliharaan, anda bisa melatih hewan seperti anjing dan kucing melakukan hal- hal lucu, selain itu bisa juga mengajak jalan- jalan hewan peliharaan

Please follow and like us:
 

One Comment

  1. panduwinoto13 March 17, 2018 at 5:39 pm

    mohon bantuannya, jika saya ingin memelihara anjing namun ingin ditempatkan di dalam rumah. apakah ada syarat benda dalam rumah yang harus dihindari kah ????

     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *