Tips Merawat Hewan Ternak Daging dipasaran memang selalu naik dan harganya cukup mahal, baik untuk daging ayam, daging kambing, maupun daging sapi. Oleh sebab itu orang yang berbisnis ternak akan mendapatkan keuntungan yang banyak, apalagi kebutuhan daging setiap hari selalu bertambah. Untuk mendapatkan hasil daging yang maksimal maka pemeliharaan hewan ternak harus dilakukan dengan benar. Ada banyak cara yang harus anda perhatikan dengan benar agar hasil ternak bisa memuaskan.

Ketika anda memulai bisnis ternak, maka ditahun pertama anda akan mendapatkan banyak sekali kesulitan, terutama dalam masalah pakan ternak. Kekurangan pakan pada hewan ternak akan menyebabkan hewan tidak sehat, masalah terparah adalah hewan mati. Oleh sebab itu tips dibawah ini sangat penting untuk diperhatikan :

  • Memelihara sapi

Jika anda ingin memelihara sapi maka langkah pertama adalah anda memiliki bidang tanah yang cukup luas yang bisa anda Tanami dengan rerumputan, namun jika anda tinggal di desa maka anda bisa mendapatkan pakan dengan mencari rumput disawah. Jika tidak mau repot maka sebaiknya anda harus memiliki lahan dan menanaminya dengan rumput pakan sapi. Jika kandang dan lainnya yang dibutuhkan sudah ada maka anda bisa mencoba terlebih dahulu satu sapi saja, rawat dengan bena. Anda bisa membeli alat untuk menggosok sapi agar sapi senang. Pelihara sapi dengan memberikan asupan makan yang bergizi. Jika sehat maka sapi tersebut akan melahirkan anak yang sehat juga. Sebaiknya pelihara hingga sapi memiliki beberapa anak. Selanjutnya untuk mendapatkan dana maka anda bisa menjual sapi tersebut. atau anda bisa memeliharanya dan mengambil keuntungan dari susu sapi

  • Memelihara domba

Jika anda ingin melakukan bisnis ternak maka domba bisa menjadi pilihan selanjutnya, jika anda ingin memelihara domba tanpa susah payah mencari rumput maka anda bisa menyiapkan sebidang tanah dan menanaminya dengan rumput, anda bisa meletakkan domba dengan bebas disana, janga lupa untuk memberi pagar agar domba tidak keluar dari lahan atau kandang tersebut. sebaiknya pelihara satu dahulu, selanjutnya anda tinggal menunggu domba tersebut menghasilak keturunan. Anda juga bisa menghasilkan keuntungan dri domba dengan cara mengambil bulu domba, anda bisa memotong domba dalam waktu 10 hari satu kali. Anda bisa memotongnya dengan menggunakan gunting. Jangan lupa juga untuk membuat senang domba, dengan cara menggosok domba dengan menggunakan alat tertentu.

  • Memelihara Ayam

Ternak ayam juga bisa dijadikan sebagai ternak andalan. Untuk bisnis ternak ayam ini dibagi menjadi dua, ada ayam daging dan ayam petelur. Jika anda memelihara salah satunya maka anda harus menjaga kebersihan kandang. Keuntungan yang bisa anda dapat dari bisnis ayam ini cukup besar dan menggiurkan, karena setiap harinya banyak orang yang membutuhkan daging dan telur.

Artikel Terkait : Tips Memelihara Hewan Peliharaan

Agar hewan ternak sehat dan menghasilkan bibit yang bagus maka sebaiknya pelihara hewan- hewan tersebut dengan benar, berikan makanan yang tepat dan jangan sampai makanan yang disediakan kurang. Selain itu penting juga untuk menjaga kebersihan kandang, sehingga hewan ternak tidak mudah terkena penyakit. Dengan memelihara hewan ternak dengan benar maka anda akan mendapatkan hasil yang memuaskan, anda akan mendapatkan keuntungan dari kerja keras anda dalam memelihara hewan ternak. Selain hewan ternak sebenarnya anda juga harus menjaga kebersihan dan memberikan makanan yang tepat untuk semua hewan peliharaan.

Please follow and like us:
 

2 Comments

  1. Eriska Nesya February 11, 2018 at 9:44 pm

    kayaknya pelihara domba sama sapi yang paling ribet yah, gede soalnya.

     
  2. Derico.Lio February 24, 2018 at 5:57 pm

    kak @eriska, jgn cuma lihat fisik saja, belum tentu hewan yang gede itu susah dipelihara. justru yg kecil2 kyk ayamlah yang susah hhihihih

     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *