Burung adalah hewan peliharaan yang mana disukai banyak orang. Oleh karenanya, tidak heran banyak orang yang memeliharanya, khususnya di Indonesia. Bahkan, tidak jarang ada pemilik burung yang saking cintanya kepada hewan peliharaannya itu, memberikan apa yang sedang dia makan untuk dapat juga dimakan oleh burungnya itu.

Sayangnya, tidak semua makanan yang menurut kita adalah sederhana dan tidak berbahaya, justru akan berakibat fatal ketika diberikan ke burung. Makanan apa sajakah itu? Berikut daftarnya.

Cokelat

Wajar Dikonsumsi Manusia, 7 Makanan Ini Tidak Disarankan untuk Diberikan ke BurungMungkin setiap manusia hidup di bumi ini menyukai makanan yang terbuat atau mengandung cokelat. Hal itu dikarenakan cokelat memiliki rasa yang manis dan membuat seseorang ketagihan untuk terus memakannya. Hanya saja, ketika makanan tersebut diberikan ke seekor burung, maka justru akan membuat hewan peliharaan tersebut menderita. Pasalnya, ketika cokelat sudah masuk ke dalam tubuh, maka akan mempengaruhi sistem pencernaan burung tersebut. Ketika sistem pencernaan bermasalah, maka imbas terakhir adalah membuat burung tersebut mati.

Potongan apel

Wajar Dikonsumsi Manusia, 7 Makanan Ini Tidak Disarankan untuk Diberikan ke Burung

Secara umum, buah apelnya memang tidak masalah untuk dimakan oleh burung, akan tetapi ketika diberikan dalam potongan langsung beserta bijinya, maka akan sangat berisiko. Dikatakan berisiko karena jika biji buah apel ikutan termakan oleh burung tersebut, maka kemungkinan hewan itu tersedak juga sangat tinggi. Selain itu, jika diberikan langsung tanpa harus mengupas kulitnya terlebih dahulu, termasuk tidak mencucinya, maka kemungkinan besar pestisida yang menempel pada buah tersebut akan langsung termakan oleh burung itu.

Alpukat

Wajar Dikonsumsi Manusia, 7 Makanan Ini Tidak Disarankan untuk Diberikan ke Burung

Mungkin untuk manusia, alpukat adalah salah satu jenis buah yang sangat menyehatkan, namun menurut penelitian, justru buah satu ini tidak dianjurkan untuk diberikan ke hewan peliharaan, khususnya burung. Pasalnya, alpukat justru dapat membuat burung menderita masalah pada jantungnya dan kemudian akan mengakibatkan gagal jantung.

Jamur

Wajar Dikonsumsi Manusia, 7 Makanan Ini Tidak Disarankan untuk Diberikan ke Burung

Salah satu jenis makanan manusia yang juga tidak boleh diberikan ke burung adalah jamur. Menurut penelitian, jamur dapat membuat masalah pada sistem pencernaan burung dan lebih parahnya lagi dapat membuat kerusakan pada hatinya. Oleh karenanya, dianjurkan untuk tidak memberikan jamur ke burung, baik ketika sudah dimasak ataupun masih mentah.

Daun tomat

Wajar Dikonsumsi Manusia, 7 Makanan Ini Tidak Disarankan untuk Diberikan ke Burung

Memang ada beberapa jenis burung yang menyukai sayur-sayuran, namun jangan sekali-kali memberikannya daun tomat. Pasalnya, kandungan asam yang terdapat pada daun tomat sangatlah tinggi dan akan berakibat buruk pada pencernaan burung ketika memakannya. Selain itu, seperti halnya daun tomat, jangan pula memberikan dedaunan tanaman merambat, seperti kentang dan sejenisnya karena juga mempunyai kandungan asam yang tinggi.

Bawang

Wajar Dikonsumsi Manusia, 7 Makanan Ini Tidak Disarankan untuk Diberikan ke Burung

Salah satu jenis makanan yang terasa enak ketika kita konsumsi ternyata berbahaya bagi burung adalah bawang. Sangat tidak disarankan bagi kamu untuk memberikan bawang kepada burung, walaupun hanya satu iris saja. Hal tersebut dapat membuat burung tersedak dan kemudian muntah. Selain itu, burung akan mengalami masalah parah pada pencernaannya dan pada sistem organ lainnya. Menurut penelitian yang lebih lanjut, efek bawang tersebut dapat membuat darah pada tubuh burung menjadi bermasalah atau dikenal dengan istilah hemolytic anemia. Yang lebih parah lagi, ketika kamu memberikan seekor burung sebuah irisan bawang, maka secara langsung akan membuat sistem pernapasannya terganggu dan menyebabkan kematian mendadak.

Kacang kering

Wajar Dikonsumsi Manusia, 7 Makanan Ini Tidak Disarankan untuk Diberikan ke Burung

Kacang yang sudah dimasak dan sedikit basah adalah makanan yang paling disukai oleh para burung, akan tetapi kebalikannya, justru kacang yang sudah kering justru tidak diperbolehkan untuk diberikan ke hewan peliharaan ini. Hal itu disebabkan terdapatnya racun kecil yang tidak bermasalah pada manusia bernama hemagglutinin yang sangat berbahaya bagi burung.

Please follow and like us: